WISATA NUSANTARA PULAU LIUKANG LOE DI BULUKUMBA

WISATA NUSANTARA PULAU LIUKANG LOE DI BULUKUMBA


Hallo sahabat setia WisatakuNusantara | Apa kabar sahabatku? Pastikan kalian baik-baik saja. Disini gue akan mempersembahkan kepada kalian wisata yang keren cocok untuk weekend bersama keluarga, teman, maupun pasangan. Wisata pulau ini memiliki keindahan yang bisa memluluhkan hati kalian gaes. Gak percaya? Coba saja berwisata di Pulau Liukang Loe. Di jamin kalian bakal ketagihan deh.

Wisata Pulau Liukang Loe adalah wisata yang bertempat di wilayah Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan yang mempunyai keindahan yang menakjubkan. Yang membuat Pulau Liukang Loe adalah pasir putih yang bersih berkilau dan air laut yang sangat bersih sehingga nampak pemandangan yang mempesona di bawah air laut yang wajib kalian nikmati.

Pulau ini adalah pulau yang berpenghuni dan terdapat dua kampung yaitu kampung Buntutuleng dan Kampung Passilohe. Jika kalian berkunjung ke Pulau Liukang Loe ini, kalian akan disambut secara hangat dan ramah oleh masyarakat sekitar tapi sayang daerah ini masih sepi dan alami. Dibalik sepi dan alaminya Pulau Liukang Loe ini terdapat tempat-tempat yang menarik dan wajib kalian nikmati gaes. Berbagai macam aktivitas yang dapat kalian lakukan disini yaitu snorkeling, diving, berjemur dibawah sinar matahari, berenang, memancing, atau bersantai bersama keluarga tercinta. Untuk kalian yang hobi menyelam, wasata ini sangat cocok sekali untuk kalian melakukan diving. Disana kalian dapat menikmati pemandangan bawah laut yang begitu banyak menyimpan kekayaan yaitu berupa berbagai macam fauna didalamnya. Kalian gak bakalan bosan deh melihat ikan-ikan yang berwarna-warni, penyu, dan terumbu karang yang masih alami.

Selain menikmati berbagai macam aktivitas seperti berenang, snorkeling, maupun diving. Di Pulau Liukang Loe ini juga terdapat penangkaran penyu langka yang dibuat oleh penduduk sekitar. Untuk kalian yang haus informasi, kalian bisa bertanya-tanya kepada masyarakat sekitar tentang apa saja yang ada di Pulau Liukang Loe ini.

Anda tidak perlu khuatir untuk berwisata di Pulau Liukang Loe ini. Di pulau ini fasilitasnya sudah memadai seperti tempat penginapan, restoran yang menawarkan masakan yang super lezat yang akan menambah rasa nafsu makan kalian gaes, berbagai masakan yang disediakan berupa ikan bakar, ikan goreng, dabu-dabu dan makanan khas Bulukumba lainnya. Gak perlu bingung untuk mencarikan cindera mata atau oleh-oleh kepada sanak keluarga yang sudah menunggu di rumah, kalian bisa membeli kain khas Bugis yang dibuat oleh tangan masyarakat sendiri ini cocok untuk hadiah untuk orang tersayang kalian yang menunggu di rumah. Kain khas Bugis ini terbuat dari benang sutera yang bentuknya yang begitu cantik dan indah jika dipakai.

Bagaimana Akses Menuju Pulau Liukang Loe?

Akses menuju Pulau Liukang Loe, kalian dapat mengambil jalur penerbangan dari tempat kita ke Kota Makasar. Setelah sampai di Makasar, kalian bisa langsung menuju ke Pantai Tanjung Bira dan anda bisa bersantai untuk beristirahat. Setelah itu untuk menuju ke Pulau Liukang Loenya, kalian harus menyewa kapal. Biaya dari Pantai Tanjung Bira ke Pulau Liukang Loe ini sekitar 300.000 sampai 500.000 tergantung kesepakatan kalian dengan penyewa kapalnya. Perjalanan menuju ke Pulau Liukang Loe dari Pantai Tanjung Bira ini memakan waktu sekitar 30 menit.

Selamat berlibur, gunakanlah kesempatan berlibur kalian sebaik mungkin. Sampai bertemu lagi di web yang sama.

WISATA NUSANTARA PANTAI MAROPOKOT DI KABUPATEN NAGEKEO

WISATA NUSANTARA PANTAI MAROPOKOT DI KABUPATEN NAGEKEO


Hallo sahabatku WisatakuNusantara | bertemu lagi kita di web yang sama, sini gue perkenalkan nih wisata yang ada di kepulauan Flores dan tidak kalah indahnya dengan wisata yang lainnya. Flores tidak cuma punya Taman Nasional Komodo saja tapi Flores punya Pantai Maropokot. Pantai Maropokot ini merupakan pantai yang indah di Nusa Tenggara Timur, tepatnya berada di Desa Maropokot Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo.


Jarak antara Pantai Maropokot dan Kota Mbay ini haya berjarak 13 kilometer saja. Kalian dijamin gak bakalan sia-sia deh ke Pantai Maropokot ini, karena hamparan pasir putih yang berkilau dan air laut yang tenang dan jernih yang membuat Pantai Maropokat ini terlihat sangat indah. Untuk kalian yang berlibur dengan keluarga, ini adalah tempat wisata yang cocok untuk mengisi masa libur kalian. Dengan suasana yang tenang, damai, dan angin yang sepoi-sepoi membuat kalian betah untuk berlama-lama disini.

Pantai Maropokat ini sangat cocok bagi kalian yang mempunyai hobi berenang, berjemur dibawah matahari, berlayar maupun snorkeling. Jika kalian suka menyelam, ini sangat sekali untuk kalian yang punya hobi menyelam, karena airnya yang sangat jernih dan pemandangan bawah laut yang begitu indah,, kalian akan melihat betapa indahnya suasana di bawah laut Pantai Maropokat ini, gue yakin kalian akan puas dengan keindahannya.

Kalau berlibur jangan cuma berlibur saja, abadikanlah momen-momen istimewa kalian di Pantai Maropokat ini. Biar ada kenangan yang mengasyikkan di Pantai Maropokat ini. Panorama yang sangat indah yang membuat hati gembira melihatnya, ternyata Pantai Maropokat ini sering dikunjungi oleh para peserta Sail Indonesia dan menjadi titik singgah mereka juga.



Bagaimana Akses Menuju Pantai Maropokot?

Akses jalan untuk mencapai Pantai Maropokot yang berada di utara perairan Pulau Flores ini terbilang cukup bagus. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah dan menawan. Ada bentangan sawah yang sangat luas dengan bukit menjulang.   

WISATA NUSANTARA GOA KARST AMPANAS DI KUTAI TIMUR

WISATA NUSANTARA GOA KARST AMPANAS DI KUTAI TIMUR



Hallo sahabat setia WisatakuNusantara | Apa kabarnya nih, baik dan sehatkan. Semoga kita berada dalam lindungannya. Oke gaes sekarang kita membahas tempat wisata yang ada di tanah Borneo alias Kalimantan tepat di Kabupaten Kutai Timur. Wisata ini terkenal dengan sebutan Goa Karst Ampanas. Goa Karst Ampanas merupakan tempat wisata terindah dan terpopuler di daerah Kutai Timur ini.

Untuk lokasi Goa Karst Ampanas ini tepatnya berada di Desa Pengadaan Kecamatan Karangan Kabupaten Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timur. Goa ini terlerak di tengah-tengah belantara hutan lebat Kalimantan. Jika kalian ingin merasakan bagaimana sensasinya berwisata ditengah-tengah hutan, Goa Karst Ampanas ini adalah pilihan yang sangat tepat. Pasti dipikiran kalian tempat ini serem banget karena letaknya di tengah hutan, jangan salah sangka dululah walaupun Goa Karst Ampanas ini ditengah hutan tapi dibalik itu ada keindahan yang sangat mempesona. Keindahannya itu adalah saat kalian memasuki dalam goa, kalian seakan-akan berada didalam tenggorokan manusia, karena tekstur goa ini sangat mirip sekali dengan bagian dalam tenggorokan manusia. Bukan hanya itu saja, kalian akan menemukan berbagai macam keunikan batu khas karst dan biasanya ditandai dengan tetesan air dari dinding goa. Ketika kalian berada di dalam goa ini, kalian tidak akan merasakan kepanasan melainkan akan merasakan kesejukan, jadi betah deh berlama-lama di dalam goa.

Didekat Goa Karst Ampanas ini terdapat Wisata Air Balerang yang panas airnya alami dari dalam bumi. Masyarakat sekitar mempercayainya sebagai tempat terapi untuk mengobati penderita penyakit kulit. Sebagian besar penderita penyakit kulit ini sembuh dari penyakitnya setelah melakukan terapi di kolam air panas balerang ini.

Bagaimana Akses Menuju Goa Karst Ampenas?

Akses untuk menuju Goa Karst Ampanas ini memerlukan waktu sekitar 4-5 jam dari Sangatta ke Goa Karst Ampanas. Apabila kalian berangkatnya mulai dari Kecamatan Karangan maka akan mempersingkat waktu, waktu tempuh hanya sekitar 1 jam perjalanan darat menggunakan mobil.

Kalian yang mengaku pencinta alam Indonesia apa salahnya kalian berwisata ke Goa Karst Ampanas. Walaupun selama perjalanan sangat berdebu akan tetapi suara burung yang amat merdu akan selalu menemati sepanjang perjalanan kalian.

WISATA NUSANTARA PULAU MOLANA YANG DI MALUKU

WISATA NUSANTARA PULAU MOLANA DI MALUKU


Hallo sahabat setia WisatakuNusantara | tetap dalam keadaan baik-baik sajakan hehehee. Bingung mencari tempat berlibur diakhir pekan nanti. Gue saranin deh kalian ke Pulau Molana aja, Pulau ini keren abis gaes. Bagi kalian yang ingin mencari tempat wisata yang bersih, nyaman, dan pesonanya yang indah. Wah cocok banget kalau kalian memilih berwisata di Pulau Molana yang letaknya berada di Kecamatan Saparua Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku.

Pulau Molana ini merupakan pulau yang kecil, tapi jangan lihat kecilnya, lihatlah keindahannya yang mempesona setiap mata yang memandang pasti bakal jatuh cinta sama wisata ini. Pulau ini ialah pulau karang yang mencuat ke permukaan air laut sehingga menjadi sebuah daratan yang sangat indah. Lebih uniknya lagi yaitu pasir putihnya yang bisa berpindah-pindah. Apabila pasir putihnya ini berada disisi sebelah barat berarti itu tandanya lagi musim angin timur. Jika pasir putihnya ini berada disebelah timur itu tanda musim angin barat. Perpindahan pasir putih terjadi karena butiran pasirnya yang sangat halus sekali sehingga mudah terbawa oleh angin.


Dengan luas kira-kira 170 hektar, pulau ini ternyata tidak berpenghuni sehingga masih sangat natural. Keindahan yang sungguh mempesona ini cocok untuk kalian berlibur bersama pasangan, keluarga, dan teman-teman. Ternyata di Pulau Molana ini masih terdapat binatang dan tunbuhan yang langka perkiraan bunatang dan tumbuhan ini adalah makhluk purbakala salah satunya seperti Kadal Monitor Pasific (Varanus Indicius), Moling Scrubfowl (Megapodius Reinwarditii) sehingga sangat cocok sekali untuk kalian yang mempunyai hobi hiking dan berpetualang di Pulau Molana ini. Satu lagi ada salah satu peninggalan sejarah dari penjajahan Portugis dan Belanda yaitu adanya reruntuhan bangunan yang dulunya dihancurkan oleh tentara Jepang dalam Perang Dunia II.

Dengan suasana yang tenang dan sejuk, cocok banget untuk beristirahat dan santai bersama sanak family. Selain itu kalian bisa melakukan aktivitas snorkeling.

Nah satu lagi, untuk kalian yang hobi menyelam sangat cocok sekali untuk melihat keindahan di dalam laut, karena terumbu karang yang indah dan dihiasi oleh ikan-ikan hias warna warni. Yang paing populer yaitu disisi utara dan trnggara Pulau Molana, jika kalian dimenyelam disini akan menemukan goa bawah laut yang terhubung dengan sumur di tengah pulau ini.

Kalau kalian adalah para penggemar nyelam bawah laut, rugi kalau kalian tidak mencoba tempat-tempat terkenal lainnya seperti Pulau Sapaua dan Pulau Haruku. Karena kedua pulau ini mempunyai keindahan yang mempesona di bawah lautnya.


Apakah di Pulau Molana ini ada tempat yang bagus untuk melihat Sunset dan Sunrise? Ya pasti adalah masa wisata yang keren ini gak bisa ngelihat sunset dan sunrise. Kalian akan menemukan tempat yang sangat bagus dan terbaik. Dimana itu? Yaitu kalian nisa naik ke atas karang yang tinggi sehingga terlihatlah sunset maupun sunrise dengan sempurna. Oleh karena itu jangan lupa abadikan moment-moment ini menggunakan kamera kesayangan kalian. Jika malam tiba kalian bisa menikmati aluanan lagu tradisional dengan ditemani api unggun sehingga tubuh kalian tetap terasa hangat.

Jika salah satu dari kalian ada yang sudah propesional dalam berenang. Apa salahnya kalau mencoba berenang menyeberangi Selat Molana yang hanya berjarak 4 kilometer dari Molana ke Saparua. Untuk prosedur keamaanan sudah difasilitasi disini.

Bagaimana Akses Menuju Pulau Molana?

Akses termudah untuk menuju ke Pulau Molana, kalian bisa ke Bandara Pattimura sebelum jam 7 pagi. Apabila kalian ingin menggunakan kapal cepat ke Haira. Maka cari taksi di bandara untuk menuju ke pelabuhan Tulehu, ya kira-kira perjalan sekitar 45 menit. Setelah itu belilah tiket ferri untuk ke Haira. Kapal Feri akan berangkat menuju Pulau Molana kira-kira pukul 9 pagi. Tiba di Haira, kalian harus menggubakan speedboat untuk sampai ke Pulau Molana dengan menempuh waktu sekitar 20 menit.

WISATA NUSANTARA GUA ALAM LIANG TOGE DI KABUPATEN MANGGARAI TIMUR

WISATA NUSANTARA GUA ALAM LIANG TOGE DI KABUPATEN MANGGARAI TIMUR


Hallo sahabat tercinta WisatakuNusantara | Bertemu lagi kita di web yang sama. Bagaimana kabar para sahabatku, baik dan sehat semuakan. Alhamdulillah, okelah sekarang gue mau memperkenalkan ke kalian nih tempat wisata yang keren dan patut kalian kunjungi, wisata ini terletak di Kelurahan Lempang Paji Kecamatan Elar Kabupaten Manggarai Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur, wisata ini bernama Liang Toge.

Liang Toge ini adalah sebuah gua yang terletak dikawasan lereng gunung dan tepatnya di Kelurahan Lempang Paji NTT. Konon kata orang sekitar Liang Toge di jaman dahulu adalah tempat dari nenek moyang Suku Rajong sampai saat ini terkenal dengan warga Kelurahan Lempang Paji. Bagaimana gua ini bisa terkenal sampai sekarang. Sejarahnya begini, pada tahun 1960 ada seorang arkeolog yang menemukan fosil manusia purba dan diperkirakan fosil manusia purba ini sudah berusia 2.000 tahun yang lalu dan fosil ini diperkirakan adalah fosil suku Rajong. Satu lagi di sekitar Goa Liang Toge ini terdapat benteng peninggalan punya suku rajong di jaman dahulu. Dengan nilai sejarah yang tinggi, makanya goa ini diabadikan seba tempat wisata oleh pemerintah sekitar.

Benteng peninggalan suku Rajong ini dinamakan Benteng Rajong. Benteng ini dulunya berfungsi sebagai pertahanan saat terjadi perang sipil.

Keindahan alam Goa Liang Toge yang sungguh mempesona karena dihiasi oleh Stalagtit dan Stalakmit yang terukuir di dinding goa sejak ribuan tahun yang lalu sehingga terlihat oleh mata sungguh menakjubkan. Selain itu didalam mulut goa terdapat batu berupa seperti paruh burung, konon kata orang setempat batu ini adalah tempat untuk menaruh sesajen untuk roh para leluhur mereka, biasanya diberikan saat ritual adat dan hajatan besar di desa itu karena mereka percaya Goa Liang Toge ini adalah tempat nenek moyang mereka bertempat.


Ada lagi yang sangat unik dari Goa Liang Toge ini adalah keindahan hutannya yang masih natural karena hutan ini belum pernah di jamah org masyarakat sekitar.

Sekitar Gua Liang Toge ini terdapat sumber air yang bersih dan sejuk yang biasa digunakan oleh masyarakat sekitar untuk kebutuhan rumah tangga salah satu untuk dikonsumsi dan sumber air tersebut juga digunakan untuk mengaliri lahan pertanian mereka.

Bagaimana Akses Menuju Gua Alam Liang Toge?

Akses menuju Goa Liang Toge ini kalian menempuhnya dari Barong lewat Bea Liang kearah Kelurahan Lempeng Paji di Kecamatan Elar Kabupaten Manggarai Timur dengan jarak tempuh sekitar 5 jam. Apabila kalian sudah di Lempang Paji, untuk menuju ke Goa Liang Toge kalian harus berjalan kaki dengan jarak sekitar 1 kilometeran dengan waktu 30 menitan. Maka dari itu gue sarankan kalian harus membawa bekal makanan yang cukup, karena kalian harus menempuhnya dengan berjalan kaki, gue yakin pasti capek banget. Tapi setelah nyampai ke tujuan yaitu Goa Liang Togenya, gue seratus persen yakin penat dan letih akan hilang seketika karena telah terhipnotis oleh indahnya panorama pemandangan pegunungan yang hijau dan hutan lebat yang belum pernah di jamah oleh orang.